Aksi Berakhir Klarifikasi

by -74 views
Aksi Berakhir Klarifikasi
Aksi Berakhir Klarifikasi
Oleh @Cak Windra

PERDANANEWS.comAksi Berakhir Klarifikasi. Keriwikan dadi gerojokan; persoalan yang kecil menjadi besar. Cermin perumpamaan tersebut kerap terdengar apabila para si mbah sedang memberikan nasehat kepada anak maupun cucunya. Bertujuan agar persoalan yang kecil jangan dijadikan besar apalagi sampai berlebihan.

Tetapi nampaknya pitutur tersebut tidak lagi berlaku untuk di zaman ini luntur seperti warna pakaian. Barangkali jenis bahannya sudah tidak relevan lagi untuk di era sekarang ini. Memang zaman semakin maju seperti halnya dengan dunia informasi yang selalu cepat mengalir begitu deras, sesuai dengan kebutuhan.

Peran media informasi memegang peranan penting untuk menyebar luaskan suatu kabar. Apalagi di era demokrasi yang dianut oleh negeri ini. Jadi siapapun boleh dan berhak untuk menghadiri disalah satu acara maupun bertemu dengan orang lain datang ke acara pesta, apalagi diacara maulid.

Jangan dijadikan alasan lantas dijadikan persoalan bagi yang menghadirinya. Tetapi bagi yang tidak ingin hadir juga tidak masalah karena itu adalah hak individu. Jangan dibesar-besarkan kalau misalnya pejabat tidak perlu dicopot maupun diperiksa. Sesama antar warga negara walaupun berbeda posisinya tetapi saling sapa ataupun saling kunjung kalau memang yang bersangkutan bersedia dikunjungi, tentu tidak jadi persoalan. Aksi Berakhir Klarifikasi

Pandemi ini memang bisa dijadikan alasan utama untuk tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul ditengah masyarakat. Tetapi selama panitia atau tuan rumah menyediakan protokol kesehatan seharusnya tidak ada lagi persoalan. Jangan mencari-cari untuk dibesarkan yang sebenarnya biasa saja.

Masyarakat juga memunyai haknya untuk datang kemana yang disukainya dan sudah melindungi dirinya dari 3M. Kecuali ada rakyat yang dipaksa disuruh datang padahal tidak mau baru hal tersebut menjadi masalah. Tetapi apabila saling ridha dan saling ikhlas biarkan jangan digoreng-goreng.

Terpenting sekarang adalah siapapun yang akan membuat sesuatu acara 3M dijadikan syarat utama. Kalau syarat utama tersebut sudah terpenuhi dengan baik tidak ada kekurangannya lengkap semua berarti aman. Karena belum bisa dipastikan pandemi ini kapan akan berakhir bersih hilang sampai tuntas.