Biarkan Pikiran Terbang dan Berbicara

by -54 views
Biarkan Pikiran Berbicara - Cak Windra
Biarkan Pikiran Berbicara - Cak Windra
Oleh @Cak Windra

OPINI.PERDANANEWS.comBiarkan Pikiran Terbang dan Berbicara. Berfikir dan berbicara adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap orang mau dimanapun tempat tinggalnya. Dari dua hal tersebut setiap orang bisa saling berinteraksi dengan yang lainnya dan dapat menyatakan, suka ataupun tidak suka. Tentu untuk membaca hal itu memperlukan kacamata fikiran agar bisa mengetahuinya. Lalu setelahnya baru dibicarakan secara lisan maupun tulisan sebagai sarana menyampaikan apa yang sedang dirasakan. Didalam ilmu komunikasi ada jenis verbal dan non verbal yang mana keduanya mepunyai arti sendiri.

Verbal adalah bentuk komunikasi menggunakan lisan ataupun tulisan. Seperti halnya seorang guru yang sedang mengajarkan kepada muritnya menjelaskan isi materi. Lalu contoh lain adalah apabila didalam suatu perusahaan atau organisasi dan ada yang harus dirapatkan. Didalmnya berkumpul lebih dari satu orang dan mereka saling berdiskusi mengeluarkan idenya langkah apa yang harus diambil. Hal tersebut yang berbentuk lisan untuk mengutarakan apa yang ada didalam fikirannya. Dengan cara lain yakni menggunakan tulisan dari situ bisa juga merespon apabila ada yang kurang pas.

Komunikasi non verbal adalah yang diwakili oleh simbul-simbul seperti berubahnya ekspresi wajah apabila sedang berbicara. Kalau sedang berjalan lalu melintasi lampu merah itu juga komunikasi non verbal. Bisa juga dengan kontak mata diantara orang yang satu dan satunya.

Hal-hal tersebut adalah bagian dari bentuk berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsng. Tetapi apabila mau menyampaikan suatu pandangan atau ide gagasan tentu tidak bisa dengan komunikasi non verbal. Harus disampaikan secara lisan maupun tulisan agar apa yang ada dalam fikiran bisa terbaca jelas. Tidak bisa diwakili oleh simbul-simbul yang banyak maknanya nanti.