Selamat Hari Guru, Sang Lentera Kehidupan

by -305 views
Selamat Hari Guru, Sang Lentera Kehidupan
Selamat Hari Guru, Sang Lentera Kehidupan - Ira Indrawardana

Mungkin kadang kita tidak menyadari hal itu, merekalah Guru Utama dari setiap Guru dalam kehidupan ini. Kalau dalam istilah pepatah Sunda mengatakan:

“Moal Aya kolot nu nyasabkeun” artinya tidak ada orang tua yang akan menyesatkan kita dalam kehidupan ini. Meskipun hal itu pun kembali kepada pribadi masing-masing orangnya, namun konsepsi ORANG TUA pada hakekatnya adalah juga GURU dalam hal ini Guru Utama.

Oleh karena itu untuk menjadi orang tua yang baik tentunya juga tidak mudah, karena harus melalui proses pranata perkawinan yang baik dan beradab sesuai nilai budaya bangsanya.

Karena kebudayan suatu bangsa telah menyediakan sejumlah tatanan nilai keadaban kemanusiaan termasuk nilai keadaban menjadi Orang Tua yang baik dalam berumah tangga untuk mendidik para anak keturunannya sebagai generasi pewaris dan peneguh kebudayaan mereka, kebudayaan bangsanya.

Semua orang baik dan berbudi pekerti luhur secara sadar akan tetap menghormati kepada setiap guru mereka baik terhadap guru formal maupun guru informal di setiap jenjang pendidikan dan lingkungan kehidupannya.

Terlebih menghormati kepada Orang Tua kita masing-masing sebagai GURU UTAMA kehidupan ini.

Alangkah elok kalau kita semua selalu menghormati semua GURU UTAMA, semua orang tua kita yang masih ada atau sudah berpulang keharibaan-Nya.

“Semua orang pada hakekatnya adalah Guru dan bahkan Kita semua berguru pada semua unsur yang ada di alam ini.

Kita berguru pada Matahari yang memberi kekuatan hidup tanpa pamrih.

Kita belajar pada angin yang setiap menemani dan memberi semangat dalam kehidupan tanpa pandang bulu.

Kita belajar pada air yang tidak pernah patah semangat selalu bangkit ketika turun sebagai hujan dan bangkit lagi menguap ke angkasa.

Kita belajar pada tanah yang selalu tegar menjadi identitas dimana kita berada. Kita bela jar pada semua apapun unsur alam kehidupan ini untuk kebaikan dan kesempurnaan kehidupan kita dan menyempurnakan kehidupan ini.

Semoga akal Budi kita bisa digunakan untuk benar-benar berguru kebaikan dan menjadi guru kebaikan bagi siapapun.”

Selamat Hari Guru, Sang Lentera Kehidupan!

(rls/red Perdananews.com)