,

Terkait Hasil Pilpres AS, Partai Gelora: Kebijakan AS terhadap Indonesia Tidak Akan Berdampak Secara Politik dan Ekonomi

by -352 views
Hasil Pilpres AS
Hasil Pilpres AS - Henwira Halim

PERDANANEWS.com – JAKARTA – Hasil Pilpres AS terhadap Indonesia tidak akan berdampak secara politik dan ekonomi. Ketua Bidang Hubungan Internasional DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Henwira Halim menegaskan, pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) secara politik dan ekonomi  tidak berdampak secara signifikan terhadap Indonesia, baik yang terpilih Donald Trump untuk kedua kalinya maupun Joe Bidin sebagai Presiden AS.

“Dampak dan skenario terhadap politik dan ekonomi Indonesia secara langsung tampaknya tidak akan banyak perbedaan soal pol-ek AS dan RI dibanding saat ini,” kata Henwira dalam keteranganya, Kamis (5/11/2020).

Menurut dia, yang terlihat pengaruhnya adalah mengenai hubungan perang dagang antara AS-China, yang kemungkinan besar akan diakhiri apabila Biden yang terpilih. Namun, apabila Trump yang terpilih, maka perang dagang AS-China akan berlanjut, bisa jadi akan semakin tajam.

“Namun yang mungkin akan tampak pengaruhnya adalah jika Biden mengakhiri perang dagang AS-RRC sesuai janji kampanyenya,” ujar Henwira.

Sementara dari sisi pertahanannya, lanjut Henwira, kebijakan Trump yang didukung Partai Republik maupun Biden yang didukung Partai Demokrat soal China tidak akan berubah soal kebijakan pertahanan dan kekuatan milternya. Sebab dari sisi pertahanan, China merupakan ancaman serius buat AS, sehinggga Trump dan Biden  akan mengimbangi kekuatan militer China.

“Sedangkan dari sisi pertahanan, baik Biden maupun Trump tidak akan banyak mengubah kebijakan dan langkah-langkah yg telah diambil saat ini demi mengimbangi meningkatnya kekuatan militer RRC,” katanya.